Sabtu, 06 April 2013

Demokrasi Menurut Saya


Demokrasi di negara Indonesia ini, menurut saya masih kurang sempurma, baik itu dari yang berorasi ataupun orang yang dituntut oleh masyarakat. Seharusnya masyarakat yang berorasi pun harus mengikuti semua peraturan - peraturan dan tata cara yang telah ada. Tidak semestinya mereka bertindak atau bersikap sesuai dengan apa kemauannya mereka saja.

Dengan mereka berunjuk rasa dijalan umum, tidak sedikit dari masyarakat yang lainnya yang merasa terganggu atau bahkan sangat terganggu sekali. Bagi mereka para orang yang dituntut atau petinggi - petinggi negeri ini, lebih baik jika mereka menerima, menampung, menemui dan menanggapi apa yang diaspirasikan oleh masyarakat.

Coba kita bayangkan, jika semua golongan atau masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya diterima dan ditanggapi dengan baik oleh orang - orang yang dituntut atau para petinggi - petinggi negeri ini untuk bertanggung jawab dan bisa duduk bersama dengan kepala dingin untuk mencari bagaimana solusi yang lebih baik untuk kedua belah pihak dan juga untuk kemajuan bangsa kita tercinta ini.

Bukan tidak mungkin jika hal - hal tersebut dilakukan dengan baik, negara Indonesia kita tercinta ini menjadi negara yang lebih damai, aman dan sejahtera dari yang sekarang ini. Tidak sedikit aspirasi dari masyarakat atau golongan - golongan tertentu yang kurang diterima dan ditanggapi dengan baik oleh mereka, sehingga hal - hal tersebutlah yang mungkin saja membuat para masyarakat yang berorasi untuk bertindak nekat dan tidak menutup kemungkinan juga untuk membuat mereka semua bertindak anarki.

Bagi mereka orang - orang yang diberikan amanat oleh masyarakat umum, seharusnya mereka bisa jauh lebih mendengarkan suara rakyat - rakyatnya, dan seharusnya pagi mereka para petinggi - petinggi dapat memberikan contoh yang baik untuk bisa diteladani oleh para masyarakat. Bagaimana masyarakatnya menjadi lebih baik jika pemimpinnya saja tidak bisa menunjukan sikap yang baik yang bisa untuk menjadi teladan masyarakat.

Seharusnya juga para petinggi - petinggi dan pemimpin di negeri ini harus lebih sering lagi turun ke lapangan untuk melihat apa yang memang sebenarnya terjadi di lingkungan masyarakat. Jangan hanya duduk - duduk dan menunggu dan menerima laporan dari para bawahannya saja, yang mungkin saja hasilnya itu juga hanya laporan dari orang - orang yang dibawahnya tanpa melihat keadaan  yang sebenarnya.

Pesan dari tulisan saya ini adalah marilah kita semua warga negara Indonesia yang baik untuk menjalankan hak dan kewajibanya yang memang sesuai dengan wewenangnya, janganlah kita saling menyalahkan satu sama lainnya, karena sesungguhnya kita pun juga belum tentu benar dengan segala sesuatu yang telah kita perbuat. Mari kita instropeksi diri bersama - sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar